HISTORY FUN LEARNING
Tulisan kali ini mengenai sharing pengalaman mengajar sejarah.
Sudah dua tahun saya menjalankan profesi saya sebagai guru sejarah.
Setahun pertama di SMA swasta, tahun kedua lanjut di SMA negeri.
Sebagai sarjana pendidikan sejarah, ini adalah bidang linier yang sesungguhnya.
Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama mengajar pada jenjang SMA.
Tahun pertama mengajar adalah tahun penuh perjuangan mengumpulkan bahan materi, soal dan games dll. Mau ngajar tuh harus searching dulu, research dulu agar performa kita di kelas menimbulkan efek WOWWWWW. Berasa banget suasana kelas jika kita prepare atau tidak. at the sometimes with little time, im not good preparing for teaching anddd taraaa suasananya jadi garing banget atau boring. Saya bisa melihat itu dari mata murid-murid saya.
Challange tersendiri memang mengajar sejarah pada situasi di jam terakhir, di kelas IPS dan pada kurikulum 2013. Untuk kurikulum 2013 muatan sejarah sangat banyak sekali, ada Sejarah Peminatan dan Sejarah Indonesia. Jika ditelaah lebih dalam yang namanya materi sejarah ya sama saja, apalagi jika membahas materi klasik, dari dulu ya ketemu lagi
dengan Gajah mada, Majapahit, Sriwijaya.
Susahnya materi klasik adalah mengaitkan dengan kondisi sekarang, agar dapat memberikan nilai guna what for I'm learn this topic. Very high pressure for me, because my literation about this topic very lack. Jika kita sudah menemukan benang merah dengan kondisi saat ini, dan bisa memberikan asosiasi dengan contoh yang relevan, maka akan sangat mudah siswa memahaminya, setidaknya nilai ulangannya di atas KKM ya.
Pada awal tahun ajaran baru, saya membuat evaluasi terhadap cara mengajar saya dengan melakukan open kritik. Hasilnya wowww banget, dalem sih kritiknya anak-anak, tapi itu demi perbaikan diri. kebanyakan keluhan mereka adalah konten materi yang sangat banyak, banyak tokoh yang harus dikenal, peristiwa yang harus diketahui.
Selain itu ada juga tentang krirtik performa pribadi, yang menurut mereka saya terlalu galak, tegas, mukanya judes, kalo masuk kelas bikin tegang. ya klo kritik pribadi saya harus banyak bersabar lagi menghadapi mereka. Setidaknya dengan ketegasan saya kepada mereka, semua siswa mengerjakan tugas tepat waktu dan tidak ada tagihan tugas
menjelang pengolahan nilai, yang dimana guru pusing ngejar-ngejar murid untuk melengkapi nilai tugas yang kurang.
And once again, Alhamdulilah saya selalu masuk kelas, sedikit sekali saya tidak mengajar, itupun karena tugas keluar atau sakit. dan kondisi ini memaksa mereka untuk selalu bertemu dengan saya (suatu kondisi tidak menguntungkan untuk mereka, hahaha)
I'm just human being, have weakness and strength. not all students like me, and i'm not favorite teacher. I have my style for communication and interaction with them. i just try to profesionalism on my duties and every tearchers have style teaching. style imposible to change, but teaching methode need improvment.
setelah membaca rangkaian saran dan kritik, dapatlah saya inspirasi untuk menjawab keluhan yang menjadi momok pembelajaran sejarah yang selama ini dirasakan. Silahkan coba tips di bawah ini siapa tahu bisa membantu :
1. COLABORATION
Ajak kolaborasi rekan MGMP anda, diskusikan pemetaan materi mana yang tingkat urgensinya tinggi atau rendah untuk kita harus didampingi atau hanya perlu lewat literasi saja.
2. LOCAL HISTORY
tandai materi sejarah lokal yang harus disampaikan, khususnya sejarah yang berkaitan dengan provinsi tempat kita tinggal, setidaknya anak-anak tahu potensi kelokalan wilayah di provinsi mereka .
Contoh : Jika anda mengajar di Provinsi Jawa barat, anda bisa membahas lebih tentang Padjajaran, Cirebon, Pakuan dengan durasi yang lebih panjang dan detail, sampai siswa sangat memahami betul siapa prabu Siliwangi, peranan sungai Citarum, bagaimana penyebaran Islam di Cirebon.
Bisa juga membahas nama jalan atau tugu bersejarah. Balik lagi tentang potensi sejarah wilayah yang bisa dikembangkan.
3. INFORMATION TECHNOLOGY
Belajar jaman now, buku paket bukanlah satu-satunya sumber belajar, apalagi jika murid anda adalah dari kalangan menengah ke bawah, yang kesulitan membeli buku karena harga buku yang cukup mahal. sekalipun ada yang membeli buku, bukunya jarang di baca. Kita bisa antisipasi menggunakan media internet untuk sumber belajar mereka.
zaman now siapa sih yang nggak akses internet, smartphone sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. pandu mereka kepada situs-situs sejarah, link berita yang sudah kita filter, video di YouTube yang sudah kita seleksi.
Saya sangat terbantu sekali dengan sumber belajar ini, literasinya dapat, visual dan audionya juga dapat, menghemat waktu dan biaya. Syaratnya pastikan buat komitmen dengan anak-anak untuk ada kouta internet saat pembelajaran anda berlangsung.
4. MIND MAPPING
Gunakan cara Mind mapping jika bab materinya sangat banyak, berikan point-point penting yang harus mereka cari, agar konten materi setiap anak standarnya sama. materi bisa dipecah per barisan tempat duduk. Pilih mind mapping terbaik (kontennya lengkap, tulisannya rapih, hiasannya bagus dan nilai artistiknya bagus) layak untuk dijadikan
catatan bersama, setiap siswa pada akhirnya memiliki materi yang lengkap tanpa harus membuat rangkuman semua materi.
![]() |
Kumpulan Mind Map dengan berbagai tema |
![]() |
Salah satu contoh mind map terbaik dari murid saya, namanya Deasy Paramitha |
5. CROSSWORD
TTS dapat digunakan untuk memperkenalkan pada hal-hal yang bersifat fakta-fakta hapalan, seperti nama peristiwa, nama tokoh atau isitilah. TTS dapat dijadikan games, kuis, atau bridinging kemateri baru.
download aja aplikasinya, ada kok.
6. GAMES
Gunakan games untuk fakta-fakta singkat, contoh gamesnya : tebak kata (Quiz A to Z), siapa dia, pair and match, TGT, dll (di YouTube banyak bgt silahkan dicari).
Kreasikan ide-ide anda, saya yakin ada ratusan permainan yang bisa diaplikasikan, tapi inget ya games ini hanya sebatas untuk membantu anak-anak mereview dan jangan terlalu sering (ingat deadline KD yang harus tersampaikan).
Jika anda penggemar running man, ada beberapa games di acara tersebut yang bisa diaplikasikan seperti permainan dadu, dengan memasang tema-tema di setiap nomornya. Gila kerena banget dah acara running man, tim kreatifnya luar biasa. nonton acara ini ngilangin stress banget dan sesekali memberikan inspirasi. (Ups sorry jadi gagal fokus)
Terinspirasi dari quiz di TVRI, namanya quiz A to Z |
7. EXIBITIONS TOPIC
siswa membuat Board map pada topic yang sudah ditentukan, setiap tim dibagi penugasannya seperti: customer service, Petugas lapangan yang bertugas mencari jawaban pada lembar kerja yang diberikan setiap kelompoknya.
Jika ingin menggunakan metode ini persiapannya harus matang, siswa diberikan waktu yang cukup banyak untuk mengerjakan Board Map.
8. MAKING VLOGG
Metode ini terinspirasi dari maraknya vlogger di YouTube. Siswa menceritakan tema yang telah ditentukan, direkam lewat kamera HP atau kamera biasa. Tentukan durasinya dan standar penilaiannya. Walah hasil dari metode ini lebih efektif, literasi dapat, materi tersampaikan tepat waktu, pemahaman siswa lebih dalam, karena mereka harus membaca terlebih dahulu
sebelum mereka merekam diri mereka di Video pastikan wajah mereka enak dilihat dan Audio terdengar jelas .
9. SOCIO DRAMA
Metode ini saya sarankan dijadikan penilaian keterampilan pada akhir penghujung smester, semacam tugas penutup.
Tipsnya metode ini adalah:
- Rencanakan dengan matang, butuh waktu 3 bulan untuk mempersiapakn skenario, kostum, tata panggung, properti dll.
- Kolaborasi dengan guru bahasa Indonesia, seni budaya. dengan kolaborasi ini lebih bisa menghemat biaya dan menjadi pertujukan besar sekolah.
Metode ini tergantung gurunya mau mengambil dalam skala kelas atau big colaboration.
10. ICE BREAKING
Ini penting banget untuk memecahkan kebosanan, apalagi jika jam mengajar anda di siang hari.Again cari di YouTube banyak banget tipe ice breaking yang bisa diterapkan. notes ya, lihat lihat dulu tipe siswanya kayak apa jika yang masih bisa kita ajak bermain, bernyanyi, berdiri, ini bisa diterapkan. bawakan diri anda semaksimal mungkin dalam kondisi yang ceriaaaa.
11. MUSIC
Gunakan music yang easy listening, akustik untuk menamani mereka dikala fokus dengan mencatat atau berdiskusi.Untuk music diskusi gunakan music instrumen focusing for studying (ini sangat membantu mereka untuk sedikit lebih rileks dan memudahkan dalam menuangkan ide-ide). lagunya TULUS yang Monokrom itu juga bagus, ringan dan dalam. setel musicnya dengan Volume yang kecil saja dengan konsentrasi 45-50%
Musik up beat juga bisa membantu dalam games, sehingga suasa kelas akan happy.
========================================================================================
Semoga bermanfaat, saya yakin diluar sana bapak ibu guru memiliki ide-ide yang kreatif,
jangan pernah berhenti untuk mencari inspirasi. Teaching is art, you need to get the feeling, not always depend good preparation, media and material. Enjoy your teaching more than important
Happy Teaching
Happy great teacher
and Students happy
Salam @djidiaastuty
Komentar